Daftar Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Menjawabnya

By | September 21, 2021

1. ‘Coba Ceritakan Tentang Diri Anda?!’

Pertanyaan pertama dan paling umum yang sering ditanyakan oleh HRD adalah meminta tentang diri kita. Kita harus mengetahui tips agar diterima kerja saat interview dengan mengetahui maksud dari pertanyaan ini. Saat ditanya tentang diri kita, bukan hanya perihal kepribadian atau karakter saja yang ingin diketahui oleh HRD, namun juga beberapa hal.

Pertama sejauh mana keterampilan komunikasi kita, sejauh mana kita bisa menyampaikan gagasan dengan baik, dan seberapa tenang kita mengatasi kondisi saat ini. Jawaban yang kita berikan akan menentukan seberapa besar kita memiliki visi dan wawasan. Oleh karena itu, kita wajib berlatih agar tips menjawab interview kerja satu ini bisa diatasi dengan lancar.

2. ‘Kepada Anda Tertarik Melamar Kerja di Perusahaan ini?’

Pertanyaan kedua yang sering muncul adalah tentang ketertarikan kita melamar di perusahaan, institusi atau lembaga tempat kita bekerja. Tips agar diterima kerja saat interview adalah dengan menjawab dengan sejujur mungkin dan serealistis mungkin, sesuai dengan kondisi yang benar-benar sedang dialami.

Lalu kita juga harus melakukan riset kecil tentang tempat kerja yang kita lamar, lalu hubungkan dengan kondisi yang kita alami. Jangan terlalu berlebihan dalam menjawab pertanyaan ini, bukannya sukses melakukan tips lolos interview kerja, nasib yang didapatkan justru sebaliknya.

3. ‘Tolong Jelaskan Kelemahan Anda?’

Pertanyaan menjebak lainnya, yang menuntut kita untuk menguasai tips saat interview kerja dengan sempurna, Karena jika tips menjawab interview kerja tidak kita kuasai, jawaban dari pertanyaan ini justru akan menjadi bumerang yang menyerang kita. Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengukur seberapa jauh kejujuran yang kita pegang.

Jangan sampai berbohong dan melebih-lebihkan dalam menjawab pertanyaan ini, karena hal tersebut dapat terlihat dengan jelas. Jangan sampai juga menjawab bahwa kita tidak memiliki kelemahan, hal tersebut menunjukan betapa besarnya arogansi kita dan tidak akan membantu sama sekali untuk proses interview kerja.

4. ‘Kenapa Perusahaan ini Harus Mempekerjakan Anda?’

Pertanyaan ini diberikan untuk mengukur seberapa pandai kita mendeskripsikan posisi pekerjaan yang kita pilih. Jangan hanya mendeskripsikan tentang kualifikasi diri, tapi gabungkan penjelasan dan jawaban dengan kualifikasi diri dan deskripsi dan pekerjaan yang dipilih. Hal tersebut merupakan tips agar diterima kerja saat interview, dan dengan jawaban yang berbobot, akan terlihat seberapa berpotensi diri kita dalam melakukan pekerjaan.

5. ‘Apa Rencana Anda dalam 5 Tahun ke Depan?’

Tips interview kerja selanjutnya adalah berhasil menjawab pertanyaan ini dengan baik. Karena pertanyaan ini bertujuan untuk mengukur visi dan misi yang kita miliki. Salah satu tips agar diterima kerja saat interview, dengan membeberkan secara runut tentang diri kita, dan apa yang akan dialami selama 5 tahun ke depan.

Kaitkan dengan kualifikasi diri dan juga deskripsi pekerjaan yang dipilih. Karena posisi yang akan dihadapi dalam 5 tahun ke depan, bisa jadi akan berkontribusi besar untuk perusahaan itu sendiri. Tips lolos interview kerja bergantung dengan sebaik apa kita menjawab pertanyaan ini, karena jika kita kemudian lolos dan diterima bekerja, bisa jadi nasib perusahaan juga bergantung pada visi, misi dan apa yang kita kerjakan selama 5 tahun ke depan.

6. ‘Pencapaian Apa yang Paling Besar dalam Hidup yang Pernah Diperoleh?’

Salah satu tips lolos interview kerja adalah dengan memberikan jawaban tepat untuk pertanyaan ini. Percuma mengetahui tips interview kerja, jika kita gagal menjawab pertanyaan ini. Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengukur kejujuran dari kita sebagai calon pegawai. Jika kita mengada-ada atau berbohong, hal tersebut bisa membuat kita gagal dalam mendapatkan kerja. Berikan jawaban yang jujur dan sesuai dengan kenyataan agar tips saat interview kerja bisa kita hadapi.

7. ‘Apa Passion Anda?’

Passion adalah bagian penting dalam hidup, terutama dalam melakukan pekerjaan. Jika mendapatkan pertanyaan ini, kita harus langsung menjawabnya dan memberikan gambaran sejelas-jelasnya tentang passion kita. Karena jika kita berpikir lama saat menjawab pertanyaan ini, hal tersebut menunjukan bahwa kita belum cukup mengenal diri kita sendiri.

8. ‘Pekerjaan Ideal Apa yang Anda Inginkan?’

Kita akan kembali mendapatkan pertanyaan yang menjebak yang sering diberikan oleh HRD. Pastikan kita menjawab pertanyaan ini sesuai dengan passion kita. Karena salah satu tips menjawab interview kerja yang baik adalah dengan mengetahui apa passion kita dan pekerjaan yang sesuai dan ideal bagi diri kita adalah pekerjaan yang sesuai passion.

9. ‘Berapa Gaji/Salary yang Anda Inginkan?’

Pertanyaan ini juga merupakan pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh perusahaan tempat kita melamar. Jangan sekali-kali menjawab pertanyaan ini dengan berlebihan. Jawab saja dengan pertanyaan bahwa kita akan mengikuti kebijakan perusahaan tentang gaji atau salary. Jangan memberikan standar atau angka. Lebih baik menunjukan terlebih dahulu kinerja kita dan kemudian baru bisa membicarakan gaji ketika telah bekerja.