Tips Interview Kerja Agar Lolos dari Jebakan Pertanyaan HRD

By | September 21, 2021

1. Bayangkan Kita Berada Dekat Pewawancara Atau HRD

Karena jarak merupakan hal yang paling utama saat interview kerja secara online, maka tips interview kerja online yang pertama adalah kita harus membayangkan kita berada dekat dengan HRD atau pewawancara, hal tersebut agar memunculkan keseriusan bahwa kita benar-benar menginginkan pekerjaan.

2. Hindari Penjelasan yang Berbelit

Gugup merupakan hal yang wajar saat interview kerja, walaupun dilakukan secara online dengan jarak jauh sekalipun, kegugupan tetap akan dialami. Tips ini yang harus benar-benar dikuasai adalah menjawab segala pertanyaan dengan jelas, tepat dan padat. Hindari jawaban yang berbelit, hal tersebut akan semakin membuat kita jauh dari mendapatkan pekerjaan.

3. Tunjukan Bahwa Kita Mampu Bekerja Tim

Walaupun interview kerja dilakukan sendiri-sendiri, tanpa melibatkan banyak orang atau pelamar lainnya, Tunjukan pada pewawancara bahwa kita merupakan seorang pribadi yang kooperatif dan sangat mampu bekerja dalam tekanan dan bekerja tim. Hal ini merupakan poin utama agar perusahaan yakin untuk mempekerjakan kita.

4. Hindari Berpikir Terlalu Lama

Salah satu tips interview kerja adalah jangan terlalu lama berpikir saat menjawab. Hal ini akan mengukur seberapa jauh kemampuan berpikir cepat kita. Karena setiap pekerjaan selalu memiliki masalah, berpikir cepat merupakan hal dasar yang harus kita miliki saat bekerja.

5. Jawab dengan Diplomatis dan Tidak Muluk-Muluk

Tips interview selanjutnya adalah dengan memberikan jawaban yang diplomatis dan cerdas, jangan memberikan jawaban yang muluk-muluk. Percuma memberikan jawaban yang besar dan tidak sesuai dengan realita dan kemampuan kita. Berikan jawaban yang memang sesuai realita dengan cara yang sangat diplomatis. Hal ini juga akan memberi pertimbangan HRD tentang kemampuan kita dalam berkomunikasi.

6. Jangan Pernah Membongkar Aib Tempat Kerja Sebelumnya

Tips selanjutnya agar sukses menghadapi interview kerja adalah jangan pernah membongkar aib pekerjaan sebelumnya, terutama tempat kita bekerja. Hal ini akan menunjukan bahwa kita tidak dapat memegang rahasia yang besar, yang berkaitan dengan banyak orang.

7. Pastikan Laptop atau Gadget Berfungsi

Salah satu media yang digunakan saat interview kerja adalah laptop atau gadget. Memastikan alat atau media yang kita gunakan berfungsi dengan baik adalah salah satu tips wawancara kerja online yang sangat penting untuk dipikirkan. Jangan sampai di tengah masa wawancara, gadget yang digunakan rusak dan mempengaruhi pekerjaan kita.

8. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Jangan sekali-kali interview kerja online menggunakan koneksi dari smartphone, atau nomor seluler. Gunakan WiFi atau koneksi internet yang memiliki jaringan stabil. Hal ini akan mempengaruhi kualitas wawancara yang berlangsung, dan setiap jawaban yang kita berikan akan terdengar dengan jelas.

9. Tetap Berpenampilan Sopan

Walaupun dilakukan secara jarak jauh dan secara online, kita harus tetap berpenampilan sopan. Gunakan pakaian selayaknya kita akan melakukan interview kerja, menggunakan kemeja dan dasi. Jangan sampai karena interview online dan jarak jauh, kita menggunakan pakaian seenaknya. Karena pakaian juga dapat menunjukan bagaimana karakter kita sebenarnya.

10. Gunakan Pencahayaan yang Cukup

Hal ini juga akan mempengaruhi HRD atau pewawancara dapat melihat kita dengan jelas. Jika kita memilih tempat dengan pencahayaan yang kurang, hal tersebut akan menyulitkan pewawancara melihat kita dalam layar. Jika perlu, gunakan kamera tambahan agar kualitas gambar baik dan dengan pencahayaan yang cukup.

11. Pilih Tempat yang Layak

Karena interview kerja online sangat bergantung dengan penggunaan kamera dari laptop atau gadget lainnya, maka pemilihan tempat dan background yang layak juga merupakan sesuatu yang wajib kita pertimbangkan. Tunjukan bahwa tempat yang kita gunakan saat interview itu rapi dan hal tersebut juga turut mempengaruhi penilaian terhadap diri kita.