Trik Psikologis saat Interview Kerja

By | September 21, 2021

1. Gunakan Baju Berwarna Biru, Hitam atau Putih

Warna pakaian dapat memberikan kesan saat pelaksanaan interview kerja. Oleh karena itu salah satu tips dan trik psikologis adalah dengan memainkan warna baju. Warna baju juga ternyata mempengaruhi kepribadian, menggunakan baju biru tandanya kita bisa bekerja sama tim, baju hitam mengesankan potensi kepemimpinan dan baju putih menunjukan pribadi yang terorganisir.

2. Lakukan Kontak Mata Saat Pertama Bertatap Muka

Kita juga wajib melakukan kontak mata saat melakukan wawancara, terutama saat pertama kali bertatap muka dengan pewawancara. Karena mempertahankan kontak mata saat melakukan wawancara menunjukan bahwa kita adalah seseorang yang lugas dan cerdas dalam bekerja.

3. Biarkan Telapak Tangan Terbuka atau Satukan Jari-Jari

Tips dan trik psikologis lainnya saat melakukan wawancara kerja adalah dengan membiarkan telapak tangan terbuka atau menyatukan jari-jari tangan saat wawancara kerja. Membiarkan telapak tangan terbuka mengindikasikan kita memiliki ketulusan, sedangkan menyatukan ujung jari adalah menunjukan kepercayaan diri. Memainkan bahasa tubuh sangat penting saat wawancara.

4. Sesuaikan Jawaban Dengan Usia Pewawancara

Sebagai pelamar kerja, kita juga harus menyesuaikan jawaban dengan usia pewawancara, karena hal ini akan mengurangi adanya gap generasi antara pewawancara dan kita sebagai pelamar. Komunikasi yang terjadi selama interview pun akan lancar, dan segala jawaban yang dibutuhkan pewawancara pun akan didapatkan dengan jelas.

5. Berbicara dengan Ekspresif

Tips interview kerja dan trik psikologis selanjutnya adalah dengan berbicara secara ekspresif, selain menunjukan seberapa baik kita berkomunikasi, berbicara ekspresif juga menunjukan bahwa kita merupakan seorang pribadi yang cerdas, energik dan berpengetahuan luas. Ketiga hal tersebut merupakan komponen penting bagi seorang pekerja.

6. Jangan Terlalu Menyombong

Tetap rendah diri dan jangan terlalu melebih-lebihkan apa yang kita telah capai merupakan salah satu tips interview kerja yang penting untuk kita ketahui. Hal tersebut hanya akan membuat HRD atau pewawancara merasakan bahwa kita seseorang yang memiliki arogansi tinggi dan tidak bisa bekerja tim.

7. Bersikap Ramah dan Tegas Secara Bersamaan

Hal selanjutnya yang harus kita perhatikan adalah selalu bersikap ramah sekaligus tegas dalam waktu bersamaan. Hal ini akan membuat wawancara berjalan lancar dan menghilangkan segala aspek negatif yang dihadapi. Jangan sampai kita terlalu kaku dan gugup, karena hal tersebut akan mengurangi poin kita.

8. Jangan Terlalu Banyak Tersenyum

Walaupun tersenyum merupakan hal baik dan menunjukan keramahan, namun jika terlalu banyak tersenyum juga akan sangat mengganggu pewawancara. Nantinya pewawancara akan berpikir bahwa kita tersenyum dengan dibuat-buat dan tidak tulus, hal tersebut malah akan mengurangi poin kita sebagai seorang pelamar kerja.

9. Persiapkan Diri untuk Menjawab Pertanyaan yang Tidak Nyaman

Saat interview kerja kita akan menemukan banyak pertanyaan yang tidak nyaman, kita harus mempersiapkannya dari awal. Hal tersebut akan mencegah kita kaget ketika mendengar pertanyaan tidak nyaman, dan menunjukan bahwa kita memiliki ketenangan yang baik sebagai seorang calon karyawan.

10. Imitasi Bahasa Tubuh Pewawancara

Kesamaan bahasa tubuh merupakan indikasi bahwa antara lawan bicara menunjukan ketertarikan. Sedulur bisa mengimitasi bahasa tubuh pewawancara untuk menciptakan suasana yang cocok antara kita dan pewawancara. Namun jangan terlalu jelas mengikuti bahasa tubuh pewawancara. Beri waktu dan jeda senormal mungkin.

Itulah tadi penjelasan mengenai tips interview kerja, gambaran pertanyaan yang diberikan dan trik psikologis yang bisa menjadi referensi dan rekomendasi kita yang akan melakukan wawancara kerja. Pelajari dan latih tips interview kerja yang telah diulas oleh Qoala di atas agar kita bisa lolos seleksi kerja dan mendapatkan pekerjaan yang kita dambakan. Selamat mencoba!